Terkuak, Bagaimana Orang Jepang Berumur Panjang



Halo sobat, kita jumpa lagi… 
Kali ini kita akan membahas topik yang sangat menarik. Yaitu,: “Bagaimana Orang Jepang Bisa Berumur Panjang?”.  
Anda mau? Apakah anda ingin hidup sampai usia 100 tahun, bahkan lebih? 
Mungkin Doraemon adalah solusinya. “Mesin pengulang hidup manusia”.  “Haaaah, Mesin pengulang hidup manusia.?”.
Saya cuma bercanda hehe. .  
Kita bisa temukan temukan jawabannya di Jepang. Jadi, kemarin saya menonton di YouTube. Video YouTube ini menceritakan seseorang yang ingin mencari tahu bagaimana kehidupan di Jepang, mengapa mereka bisa hidup sampai usia 100 tahun lebih, bahkan ada yang sampai usia 116 tahun dan masih hidup sampai sekarang.

Sobat sehat, ada fakta menarik bahwa sampai saat ini ada sekitar 2% penduduk Jepang yang hidup di atas usia 90 tahun.  Mungkin sekitar 2 juta jiwa.  Anda bisa bayangkan, 2 juta orang itu semuanya orang tua di atas usia 90 tahun. Dan mereka masih aktif bergerak kesana kemari.  
Luar biasa… Sedangkan di Indonesia, anda cari tahu sendiri.  Berapa banyak sih orang yang bisa hidup sampai usia 90 tahun? Disini saya akan menceritakan kepada anda, ‘apa sih rahasianya?’.  Mungkin hal  ini benar.  Tetapi kembali lagi kepada kita semua.  Jika anda setuju, silahkan comment di bawah ya..
Atau mungkin anda punya kerabat, anda punya nenek/mbah yang mungkin usianya di atas 90 tahun. Apa rahasia mereka? Silahkan comment juga...  Mungkin makanannya, olahraganya atau yang lain.  Silahkan anda comment di bawah …

Green Tea
Oke, rahasia yang pertama ini sebenarnya bukan rahasia ya, sobat. Semua orang sudah tahu kalau Jepang sangat populer dengan minuman green tea. Jadi, di Jepang minuman green tea dapat anda temukan dimana saja.  Bahkan, disana ada mesin yang tinggal memasukkan uang, maka keluar minuman tersebut. Tentu saja green tea disana tidak ditambahkan dengan gula. Jika anda minum green tea, anda ingin mencari manfaatnya, namun anda tambahkan gula pasir yang banyak.  Maka itu sama saja bohong. Tidak ada gunanya.  Justru anda hanya menambah berat badan.  Anda hanya merusak tubuh anda dengan gula tersebut. Kita tahu bahwa green tea ada banyak manfaatnya.  Untuk kesehatan jantung, antioksidan, dan sebagainya. Mungkin ini salah satu rahasianya.

Seafood
Kemudian yang kedua adalah orang Jepang banyak makan makanan seafood seperti ikan dan sebagainya.  Yaitu hasil dari laut. Dan mereka makan dalam porsi kecil.  Kalaupun makan daging, mereka akan makan daging lean meats. Yaitu daging tanpa lemak.  Dan itupun dalam porsi kecil. Kita tahu bahwa orang Indonesia kalau makan itu setinggi gunung, sudah gitu masih nambah lagi.  Dan akhirnya over calory. Yang kita tahu, makanan laut seperti ikan itu kaya akan omega-3 yang baik untuk otak dan pembuluh darah. 

Tofu
Yang ketiga, di Jepang terdapat makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan, terutama pencernaan dan jantung. Apakah itu? Namanya tofu atau tahu Jepang. Kita tahu sendiri bahwa tahu Jepang memiliki kualitas yang sangat baik. 

Air Panas
Kemudian, rahasia yang keempat adalah Jepang memiliki budaya mandi. Bukan mandi dengan shower atau dengan gayung, tetapi di Jepang budaya mandinya adalah dengan mandi di kolam air panas.  Disana banyak terdapat pemandian umum.  Airnya sangat kaya akan mineral, sehingga bagus untuk kulit. Dan satu lagi, apa sih tujuannya? Jadi, budaya mandi ini dapat mengurangi tingkat stress. Kita tahu bahwa jika kita sibuk bekerja, tingkat stress anda tinggi, maka akan memperpendek umur anda. 

Fasilitas Kesehatan
Kemudian yang kelima adalah fasilitas kesehatan yang baik. Tentu saja ini menjadi salah satu alasan mengapa orang Jepang masa hidupnya bisa lebih panjang. 

Edukasi
Lalu yang keenam adalah edukasi. Jadi anak-anak mulai dari kecil diajarkan untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Mereka ke sekolah berjalan kaki, ada yang menggunakan sepeda.  Dan hal ini yang melatih mereka untuk selalu bergerak hingga dewasa. Jadi mereka tidak dimanjakan dengan menggunakan mobil, motor dan sebagainya. Akhirnya, kebiasaan ini dibawa sampai mereka dewasa, dan sampai mereka lanjut usia. Banyak dari mereka yang sudah lanjut usia yang memilih bekerja di kebun atau bercocok tanam. Mereka setiap hari aktif bergerak di bawah sinar matahari. 

Minim Tindak Kejahatan
Yang ketujuh, di Jepang sangat minim tingkat kekerasan dan kejahatan. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa di Jepang umurnya lebih panjang. 

Reaspect
Kemudian yang kedelapan adalah orang-orang di Jepang menghargai orang yang lebih tua dengan memberikan liburan. Yaitu respect for the aged day. Jadi, setiap hari Senin di minggu ketiga bulan September adalah hari libur Nasional bagi mereka yang berusia lanjut. Dan di Jepang sendiri, pemerintah memberikan penghargaan bagi mereka yang telah mencapai usia 100 tahun. Jadi mereka akan diberikan penghargaan dalam bentuk cangkir sake atau sake cups. 

Nabi Tajima dari Kagoshima yang tercatat lahir pada tahun 1900.  Dan baru saja meninggal pada tangal 21 April 2018. Jika anda hitung, usianya sudah 117 tahun.  Jadi yang saya tonton di YouTube tersebut, rahasianya adalah beliau makan 3 kali sehari dan cukup tidur. Apakah benar hanya itu saja rahasianya? Saya juga tidak tahu. 
Jadi apabila anda punya opini, silahkan anda comment di bawah ini.  Apa sih yang membuat mereka hidup sampai berumur panjang?Jadi sobat sehat, ini adalah 8 poin atau rahasia orang Jepang berumur panjang. Jika anda punya pendapat pribadi, silahkan comment di bawah ini…
Sekian ulasan artikel kali ini,,, Terimakasih…

Beberapa Gejala Penyakit Paling Sering Menyerang Tubuh Saat Berpuasa


Halo sobat, kali ini kita akan membahas tentang sebuah topik, yaitu: 
“Beberapa Gejala Penyakit Paling Sering Menyerang Tubuh Saat Berpuasa”
Disini akan memberikan penjelasan, apa saja penyakit atau gejala tersebut dan bagaimana solusinya, Mari kita mulai.
  
Sakit Kepala
Jadi bagi anda yang sedang berpuasa dan mengalami sakit kepala, bisa jadi karena faktor-faktor seperti berikut:Yang pertama adalah mungkin karena anda terlalu lelah. 
Kurang tidur,  Karena anda tidak terbiasa, mungkin pada puasa hari ertama dan kedua anda mengalami sakit kepala karena sebelumnya anda kurang tidur. 
Atau anda kurang cukup mengkonsumsi air pada saat jam makan.  Atau mungkin saat anda berpuasa, pekerjaan anda sedang berat.  
Anda sedang stress, Hal ini dapat membuat nyeri kepala dan pada beberapa orang yang memiliki penyakit diabetes, ketika anda berpuasa, gula darah anda mengalami penurunan yang drastis

Jadi saran saya bagi anda yang memiliki penyakit-penyakit tertentu,tolong konsultasikan lagi ke dokter anda agar bisa diatur obat yang anda konsumsi pada saat anda berpuasa. 

Tekanan Darah Rendah
Bagi anda yang sering sakit kepala, pusing, setelah jongkok-berdiri, rasanya di atas kepala ada ‘bintang-bintangnya’, coba anda cek tekanan darah anda. Jika rendah, segera konsultasikan ke dokter atau ke ahli gizi. 
Mungkin anda kekurangan asupan zat gizi lainnya seperti protein, karbohidrat, atau mungkin zat-zat gizi mikro. Jadi, sebaiknya anda perbaiki dulu kondisi tubuh anda.  
Bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah, sebelum anda berpuasa. Jadi jangan sampai saaat anda melakukan puasa, anda justru jatuh pingsan karena tekanan darah anda drop. 

Hipoglikemia
Jadi bagi mereka yang baru pertama kali berpuasa , mereka yang terbiasa makan banyak karbohidrat misalnya mie, nasi dan sebagainya,tiba-tiba tidak makan makanan tersebut. Akhirnya tubuh yang terbiasa mendapat asupan gula yang banyak, maka saat berpuasa tubuh akan “kaget”.
Jadi hal itu wajar, karena baru pertama kali. Tetapi bagi anda penderita diabetes, ini adalah catatan penting bagi anda penderita diabetes atau kencing manis. 
Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter anda.  Anda jangan membeli obat sendiri di apotek.  Mentang-mentang anda diabetes, lalu anda membeli sendiri obat diabetes. Akhirnya pada saat anda berpuasa,  , jadi saat tidak ada asupan makanan,dan anda minum obat diabetes.  

Maka akhirnya gula darah anda akan drop di bawah normal.  
Tentu saja anda akan mengalami hipoglikemia. Anda akan pusing, keluar keringat dingin, mual, muntah, dan bahkan kalau parah bisa sampai koma. Jadi pesan saya adalah konsultasikan ke dokter anda.

Konstipasi
Mungkin bagi sobat , ada yang pernah mengalaminya, konstipasi atau yang kita kenal dengan sembelit.  Atau ada orang bilang “susah Buang Air Besar”.  
Jadi, kalau ke kamar mandi harus mengejan.  Jadi, konstipasi itu terjadi karena perubahan pola makan.  Yang biasanya anda makan 3 kali sehari, lalu ngemil.  Akhirnya pada saat anda berpuasa, anda mungkin hanya makan 2 kali. Sebelum puasa dan saat berbuka puasa.  Akhirnya volume makanan anda tentunya akan berkurang.  Kalau misalkan biasanya 100%, akan berkurang menjadi kehilangan 30%. 
Akhirnya volume berkurang, kemudian jumlah cairan juga harus anda perhatikan. Karena untuk membentuk kotoran, diperlukan serat dan cairan yang cukup. 
Serta gerakan peristaltik otot usus besar anda. Jadi, coba perhatikan kecukupan serat dan air anda. 
Dan kalau bisa, tambahkan sedikit olahraga agar otot dari pencernaan anda juga ikut aktif. 

Oke, itu tadi adalah beberapa  gejala atau penyakit yang sering menyerang tubuh saat anda berpuasa. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terutama bagi anda yang sedang berpuasa….

Mitos Tentang Puasa Yang Harus Kamu Ketahui Terkait Kesehatanmu


Hallo sobat, Ada anggapan atau mitos , Kalau berpuasa bisa ngebuat badan jadi sakit??
Apa lagi, ada juga yang bilang gak boleh olahraga pas lagi puasa.
Apakah anggapan anggapan atau mitos mitos itu benar?

Biar ga salah kaprah, lebih baik kita ketahui dulu mana yang benar dan yang salah, agar bisa menjalani ibadah puasa dengan optimal, dan produktivitas kerja pun tetap maksimal. 

Berikut beberapa anggapan yang biasanya muncul saat bulan puasa. 

Puasa Membuat Kita Sakit
Anggapan ini Salah. Ya harus di akui bahwa, pada awal-awal puasa kita akan mengalami gejala yang bisa di bilang 'mirip' kaya orang lagi sakit,seperti badan yang lemas, kepala jadi pusing atau pening dan kadang menggigil. Sebaiknya kita jangan nyerah gitu aja dong dan langsung gercep membatalkan puasa kita, karena sebetulnya yang dialami itu adalah bagaimana cara tubuh kita beradaptasi dengan pola makan yang secara tiba-tiba berbeda dari biasanya. 
Sebaliknya, puasa malah baik untuk kesehatan kita. Asalkan puasa nya tidak lebih dari 14 jam,tubuh akan tetap sehat, prima dan aman selama masih mempunyai cukup cadangan energi. Karna selama proses puasa , Tubuh juga akan menjalani proses ‘pembersihan’. 
Dengan mengistirahatkan proses pencernaan selama berpuasa,maka tubuh kita mempunyai energi untuk mengerjakan hal lain yaitu membersihkan tubuh dari toksin atau racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh. 
Setalah minggu pertama berpuasa terlewati, gejala yang mirip sakit akan mereda dan perlahan hilang, tubuh pun terbiasa dengan aktivitas puasa.

Sahur Tidak Sahur Sama Saja
Salah!  Sebaiknya kita jangan meninggalkan sahur,   karena sahur sama kedudukannya dengan sarapan lebih dini. Tanpa sahur, kadar normal gula darah hanya sanggup bertahan 2 sampai 3 jam sejak bangun tidur.  Setelah itu, simpanan sumber tenaga kita mulai menurun drastis . 
Tapi Jika sahur dilakukan dengan cara yang benar, kalian jangan takut kelaparan di tengah hari bolong. 
Selama berpuasa, tubuh akan memakai energi cadangan, yang di ambil dari saat kita makan sahur. 
Tapi patut di ingat jangan makan berlebihan saat sahur. Batasi asupan makanan yang mengandung gula, yang bisa menyebabkan perut cepat terasa lapar. Biasakan makan sahur dengan makanan yang berimbang ,yaitu, terdiri dari dari sumber karbohidrat, protein, sayuran dan buah-buahan. 

Jangan Berolahraga Selama Berpuasa
Ini juga Salah. Aktifitas fisik saat berpuasa sebaiknya jangan dikurangi. Kalau tetap ingin berolahraga , kita pilih waktu menjelang berbuka puasa yaitu   atau 2 atau 3 jam sesudahnya. Jadi selama berpuasa disarankan tetap melakukan aktivitas olahragaTapi jangan juga aktivitas olahraga yang terlalu berat. 
Lalu Kenapa bisa olah raga saat puasa di sarankan ? 
Karna Gerakan olahraga akan merangsang keluarnya hormon antiinsulin dalam tubuhyang antara lain berfungsi melepaskan gula darah dari "pabriknya".  
Sebaliknya, kalau tubuh kurang gerak apalagi yang suka mager atau malas gerak,  tubuh bisa terasa lemas karna akibat kadar gula dibiarkan menurun drastis.  
Ini bisa membuat tubuh kita limbung, dan bisa menyebabkan pingsan atau collapse

Minum ES Biar Cepat Segar
Anggapan yang Salah, Banyak orang yang percaya kalau minum yang dingin-dingin ketika berbuka, maka tubuh kita akan langsung segar dan bugar. 
Kesannya ketika minum yang dingin tubuh akan jadi segar, tapi ternyata tidak demikian faktanya. 
Minum dingin saat kita habis berpuasa malah bisa bikin bahaya, bahaya nya jika kita minum air dingin atau air es saat berbuka puasa yaitu akan menimbulkan kontraksi lambung. 
Kita harus tahu ini,  bahwa tubuh kita butuh air yang sesuhu dengannya agar bisa diserap dengan cepat. Makanya, minuman terbaik saat berbuka adalah yang hangat-hangat kuku, rekomendasinya air putih hangat.  
Langsung minum dingin waktu kita lagi ga puasa saja emang dilarang kok, apalagi disaat perut kita kosong selama 12 jam langsung di hajar yang dingin, pastinya tubuh kita akan kaget.  Ibarat nya gelas kaca yang tadi nya terisi air panas atau air hangat tiba tiba di masukan air dingin, bisa dipastikan gelas kaca itu akan retak. 
Kalo memang udah ga tahan pengen minum air dingin, kita minum dulu yang hangat hangat kuku, kasih jeda kurang lebih 5 - 10 menit barulah hajar minum es, karna setelah jeda ini kondisi perut kita akan kembali stabil.

Tidur Setelah Sahur Bisa Membuat Puasa Lebih Lancar
Anggapan ini juga salah,  Memang nikmat sekali kalo kita tidur sehabis sahur itu. Dan memang aktivitas tidur orang yang berpuasa adalah ibadah, tapi tidur yang bagaimana dulu  ? tapi Kalo tidur setelah sahur itu sangat tidak di sarankan, Tidur sehabis nyahur Ibaratnya kita nabung cadangan energi untuk nantinya kita beraktivitas setelahnya. 
Dan Banyak orang yang percaya akan mitos ini, padahal kenyataannya malah ber efek sebaliknya. Tidur setelah sahur ternyata bisa membawa banyak masalah untuk tubuh kita. 
Tidur setelah sahur akan membuat tubuh mengalami banyak ketidaknyamanan, di mulai  dari perut mual dan nyeri karna gangguan asam lambung. 
Karena ketika menyantap sahur makanan akan masuk  kedalam sistem pencernaan dan butuh waktu untuk lambung maupun bagian lainya untuk mencerna makanan tersebut, karna ketika seseorang terlentang setelah makan, proses pencernaan akan menjadi tidak lancar atau menjadi lama. 
Akibatnya timbul rasa nyeri pada daerah sekitar ulu hati ataupun rasa panas dan tidak nyaman pada daerah tenggorokan seiring meningkatnya asam lambungkarna nya para dokter menyarankan agar memberi jeda sekitar 2 jam setelah sahur kalo kita ingin tidur. 
Efek lain nya yang mengikuti adalah sakit kepala dan yang paling parah rentan stroke.
Bukan Cuma itu, molor sehabis sahur justru bikin tubuh kita malah semakin lemas , bukannya menyimpan energi. ..


Kenyataannya Sakit Kepala dan Pusing Itu Berbeda Loh



Halo sobat sehat, kali ini, kita akan membahas topik yang cukup menarik.  
Yaitu : “Apa Bedanya Pusing dan Sakit Kepala?”.   
Sobat sehat, siapa disini yang masih bingung dalam membedakan antara pusing dengan sakit kepala? Lalu ada satu kata lagi, yaitu ‘puyeng’.  Apa itu? 
Jadi, kita akan membahas hal ini. Kebanyakan, orang awam kurang ngerti bedanya pusing dengan sakit kepala. Maka dari itu menurut dokter, pusing dan sakit kepala itu sesuatu yang berbeda. Jadi, sakit kepala kalo di ibaratkan ya kaya gini, kalu kita sedang bermain bola, lalu kaki kita terkena tendangan atau sliding.  Kemudian, sakit yang di rasakan itu pindah ke kepala.  Itulah yang disebut sakit kepala.
Kemudian kalau yang di sebut pusing, cobalah berdiri dan tutup mata.  Walaupun saat itu dalam keadaan normal, cobalah berdiri dan tutup mata. Lalu coba berputarlah, mungkin 20 kali atau 30 kali, setelah itu berhenti.  Nah, apa yang bisa dirasakan? Rasanya pasti seperti kita sedang melayang, kemudian keadaan di sekeliling tiba-tiba berputar.  Kurang lebihnya seperti itu. Atau dalam bahasa medisnya kita sebut dengan vertigo. Bahkan pada beberapa orang, ada yang sampai mual dan muntah, itulah yang dimaksud dengan pusing. 
Kemudian ada satu kata lagi yaitu Puyeng. 
Kalau puyeng ini, mirip dengan pusing.  Seperti melayang, tetapi tidak ada sensasi berputar.  Kalau dalam bahasa Inggris, disebut dengan dizziness.  Jadi  bagi anda semua yang mengalami entah itu pusing, sakit kepala, atau puyeng, sebaiknya anda pergi ke dokter. Karena penyebabnya bisa bermacam-macam. Mungkin ada yang kekurangan darah atau Hb’nya rendah dan kita sebut dengan anemia. 
Anda juga bisa mengalami pusing atau puyeng karena anemia.  Atau anda yang sedang stress, atau tekanan darah anda tinggi.  Oleh sebab itu, anda wajib ke dokter supaya dapat diperiksa. Berbeda halnya jika anda sudah tahu penyebabnya.  “Oh, saya sakit kepala/pusing/puyeng”. Yang mana yang anda maksudkan itu karena stress, maka anda bisa berelaksasi. 
Misalnya mendengarkan musik, anda hirup aroma terapi, atau roll on, atau essential oil dan lain-lain. Atau anda bisa jalan-jalan ke pantai dan lain-lain. Jadi ketika stress anda turun, mungkin perasaan pusing tadi akan hilang. Tetapi jika memang penyebabnya adalah karena darah tinggi, karena anemia ataupun penyebab-penyebab lainnya, maka anda wajib ke dokter.  
Oke, semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat.  Kita harapkan anda bisa membedakan antara pusing, sakit kepala, dan puyeng.

Inilah Makanan Anti Gemuk Meski Dengan Porsi Besar




Hai semua, terutama para ladies-ladies yg sensitif tentang berat badan, pasti diantara kalian pernah berniat untuk melakukan diet tapi selalu gagal?
Niatnya sih untuk mengurangi porsi makan, tapi malah sering laper dan malahan sering makan juga. Mungkin kalian harus memperhatikan makanan yang dimakan nih...
Karena pemilihan jenis makanan berpengaruh dengan program diet loh... 
Nah ini dia 7 makanan anti gemuk meski ukuranya jumbo, yuk kita simak...

Kentang Rebus
Nah yang pertama ini adalah kentang rebus/panggang, dalam 11 studi yang mengukur index kepuasan dari 38 jenis mkanan ketika dikonsumsi termasuk beras merah dan roti gandum.
Kentang berada di posisi pertama artinya, mereka yang mengonsujmsi kentang mengaku lebih kenyang dan baru makan lagi 2 jam setelah makan kentang. Anggapan selama ini bahwa kentang adalah makanan yang kaya akan karbohidrat tampaknya tak terbukti.
Justru bangaimana pengolahanya di panggang ataupun di rebus, kentang tetep kaya akan vitamin serat dan nutrisi lainya.
Kentang akan lebih tersa mengenyangkan jika di konsumsi dengan kulitnya, tak perduli di olah seperti apa, serat yang dikandungnya hanyalah 120 kalori/buah.

Apel
Buah apel kaya akan mineral, makan satu buah apel saja bisa cukup mengenyangkan.Yang dimaksud adalah dalam bentuk buah apelnya ya, bukan jusnya.
Cobalah mengonsumsi buah apel setengah jam sebelum kamu makan siang atau malam.
Hasilnya kamu akan makan lebih sedikit namun tetap merasa kenyang.Apel mengandung mineral yang segar alami.

Telur Rebus
Selain dikenal sebagai sumber protein, telur juga mengandung vitamin B, Vitamin A, vitamin B12.
Berbagai penelitian membuktikan jika kamu makan telur untuk sarapan, kamu akan merasa tetap kenyang hingga sam makan siang.
Hal itu karena telu kaya akan protein.
Menurut riset, mereka yang mengonsumsi banyak protein akan merasa lebih kenyang.
Sehingga akan mengonsumsi kalori lebih sedikit dari mereka yang tidak.
Sebuah studi yang di lakukan oleh Saint Louis University menemukan orang yang sarapan telur mengonsumsi 330 kalori lebih sedikit dibandingkan mereka yang mengonsumsi roti tawar.
Telur merupakan salah satu dari sediki makanan yang kaya protein, airtinya mereka mengandung 9 asam amino sessential yang tak bisa di hasilkan sendiri oleh tubuh.
Dan sekali dicerna , ke 9 asam amino tersebut akan memicu pelepasan hormon-hormon dalam lambung yang menekan rasa lapar.

Oatmeal
Makanan ini jelas mengenyangkan karena mengandung serat bergizi tinggi dan kemampuanya untuk menyerap cairan layaknya spons.
Ketika dikombinasikan dengan air atau susu, oat butuh waktu lebih lama untuk melewati sistem pencernaan sehingga kalian tidak merasa lapar lagi.
Tanpa bahan pemanis, oatmeal bisa kalian konsumsi  sebanyak bungkin tanpa khawatir berat badan bertambah.

Brokoli
Brokoli adalah sayur yang penuh dengan berbagai nutrisi, mereka mengandung banyak antioksidan.
Selain brokoli, sayur lain yang bisa anda konsumsi yaitu wortel, bayam,kacang hijau, ubi jalar dan jagung.

Popcorn
Selain kaya serat, popcorn juga diperkaya oleh zat anti oksidan.
Untuk menikmati 4 gram serat dari makanan ini, anda bisa mengonsumsi 3 cangkir popcorn. Namun hindari mengonsumsi popcorn dengan tambahan mentega atau minyak yang berlebihan karena bhahan makanan itu bisa membuatnya menjadi makanan yang tidak sehat.
Makanan kegemaran para pecinta film ini memiliki kepadatan energi yang rendah, karena mengandung 90 kalori.

Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan memiliki banyak protein, antioksidan, vitamin B dan sebagainya.
Berbagai zat bergizi ini dapat membantu tubuhmu tetap kuat dan merasa kenyang. 
Banyak penelitian yang mengatakan bahwa diet sambil mengonsumsi kacang-kacangan akan merasa lebih kenyang daripada mereka yang makan makanan lain dengan jumlah kalori yang sama.
Kamu juga bisa mengonsumsi kacang merah dengan jumlah yang banyak, kacang merah tidak akan membuat tubuhmu menjadi gendut.
Untuk olahan yang nikmat, kamu bisa coba mengonsumsi sup kacang merah.
Itulah 7 makanan anti gemuk yang mengenyangkan, kamu tak perlu khawatir jika mengonsumsi makanan diatas meski dalam jumlah besar..

Panduan Makan, Olahraga, Dan Gaya Hidup Sehat Untuk Lansia




Makan Sehat dan Gaya Hidup 

Meskipun penting bagi orang-orang dari segala usia untuk tetap sehat, sangat penting bagi lansia untuk menjaga kebiasaan makan yang sehat serta tetap aktif yang penting dalam pencegahan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Dengan mempraktekkan praktik hidup yang lebih sehat, yang berpengalaman dapat mempertahankan berat badan yang sehat, menghindari depresi, dan tetap mental tajam. Mereka yang berpartisipasi dalam merawat lansia harus menyadari praktik hidup sehat ini dan bekerja untuk mendorong dan memfasilitasi mereka. 

Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia AS dan Departemen Pertanian AS, diet sehat mencakup banyak jenis makanan yang kaya nutrisi. Mereka telah menggariskan secara khusus apa yang direncanakan rencana makan ini di situs web .. Karena rencana makan ini dirancang khusus untuk warga lanjut usia, berfokus pada jenis makanan yang penting untuk mencegah penyakit umum orang Amerika yang lebih tua seperti obesitas dan penyakit kronis yang serius. 


Dengan mengikuti beberapa kiat yang tercantum, masyarakat lansia dapat memulai gaya hidup yang lebih sehat hari ini: 

Jangan melewatkan makan. 
Penting untuk makan teratur untuk menjaga metabolisme normal dan tidak tergoda untuk makan makanan berlemak tinggi saat makanan dikonsumsi. 
Makanan Tinggi Serat
Dengan mengonsumsi makanan seperti roti gandum, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan, Anda dapat menurunkan kerentanan Anda terhadap diabetes dan penyakit jantung. 
Terutama harus mulai menyesuaikan pola makan mereka dengan diet yang mengandung lebih sedikit kalori dan lemak karena tubuh akan membutuhkan lebih sedikit seiring bertambahnya usia. 

Kalsium dan Vitamin D 
Sangat penting untuk nutrisi dan menjaga tulang tetap kuat. Anda bisa mendapatkannya dengan memasukkan setidaknya tiga porsi produk susu setiap hari, atau mengganti dengan minuman dan protein berbasis kedelai. 
Warga usia lanjut akan lebih sulit menyerap vitamin B12 dalam jumlah yang cukup. Untuk alasan ini, penting untuk makan sereal yang diperkaya dengan nutrisi ini atau mengonsumsi suplemen vitamin B12 dengan makanan. 

Mengurangi Camilan
Membatasi jumlah camilan tidak sehat yang mereka lakukan yang melibatkan makanan tinggi kalori dan gula. Sebaliknya, jauhkan porsi kecil buah kering, selai kacang, atau biskuit untuk menjaga nafsu makan tetap terkendali sambil tetap sehat. 

Minum Banyak Air
Meskipun para lansia sering merasa kurang haus maka mereka biasa, penting untuk tetap terhidrasi baik dengan minum air atau minuman berbasis air seperti teh, kopi, sup, dan susu skim. 
Merencanakan dan Mempersiapkan Makanan
Kadang-kadang orang merasa sulit untuk makan dengan sehat karena makan sering merupakan peristiwa sosial yang melibatkan banyak orang dengan preferensi dan tujuan makan yang berbeda. Meskipun penting untuk dapat menikmati makanan bersama keluarga dan teman-teman, penting juga untuk menjaga integritas makan Anda sendiri dengan memastikan bahwa setiap orang memiliki tujuan makan sehat pribadi Anda. Teman dan keluarga, serta mereka yang menyediakan perawatan lansia harus memfasilitasi makan sehat, bukan jalan memutar dari itu. Kiat-kiat berikut ini membahas cara-cara yang dapat dilakukan para lansia untuk menjaga kebiasaan makan yang sehat tanpa mengorbankan aspek sosial dari berbagi makanan dengan orang lain atau belajar menyesuaikan diri dengan gaya hidup yang melibatkan makan dengan lebih sedikit orang dari hari ke hari. 

Berbelanja Dengan Orang Lain
Ini bisa menjadi cara yang menyenangkan dan cerdas untuk mengendalikan biaya dan kuantitas makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda tidak tinggal dengan banyak orang, ini adalah cara yang baik untuk memisahkan barang-barang kuantitas besar seperti kentang dan telur yang mungkin tidak dapat digunakan sebelum kedaluwarsa. 
Hemat waktu cara cerdas untuk makan sehat adalah memasak makanan dalam jumlah besar di depan waktu dan porsi untuk dipanaskan pada harikemudian. 
Cara cepat untuk menyiapkan makanan untuk diri sendiri atau untuk tamu adalah dengan menyimpan buah dan sayuran beku atau kalengan di tangan. Mengeringkan dan / atau membilas makanan kaleng adalah cara yang baik untuk menurunkan sodium atau kalori dalam makanan yang disimpan dalam gula tinggi atau cairan garam tinggi. 
Makan atau menyiapkan makanan seharusnya tidak selalu menjadi tugas. Mencoba resep baru atau makan di luar dapat menjadi sentuhan baru yang menyenangkan saat makan bersama seseorang yang istimewa.

Cobalah Untuk Makan Bersama Orang-orang Yang Anda Sukai. 
Beberapa warga senior mengalami kesulitan menyiapkan makanan, itulah sebabnya mengapa penting untuk mendapatkan informasi tentang lembaga perawatan kesehatan di rumah atau fasilitas penatua yang dapat membantu menyediakan makanan. 
Jika Anda merasa sulit untuk makan dengan baik, maka yang terbaik adalah berbicara dengan penyedia layanan kesehatan atau seseorang yang terlibat dalam perawatan orang tua Anda tentang apa yang dapat dilakukan untuk membantu Anda makan lebih baik. 
Beberapa masyarakat lansia tidak dapat makan dengan baik karena masalah yang melibatkan kondisi gigi mereka atau masalah dengan gigi palsu. Memeriksa dengan dokter gigi tentang rasa sakit fisik yang terjadi saat makan atau masalah lain dapat membantu masalah ini yang mengarah pada kebiasaan makan yang lebih buruk. 

Ketika seorang lansia kehilangan keluarga dan teman atau menjadi depresi tentang kejadian-kejadian dalam hidup mereka, mereka mungkin kehilangan keinginan untuk makan. Dalam hal ini, sangatlah penting bahwa orang-orang ini mencari bantuan dari orang yang mereka percayai seperti keluarga, teman, komunitas tempat ibadah, atau mereka yang membantu dengan perawatan orang tua mereka yang dengan senang hati akan membantu mereka menemukan cara untuk melanjutkan gaya hidup sehat dan makan. rencana. 
Beberapa orang mengeluh bahwa rasa makanan berubah ketika mereka mulai minum obat tertentu. Meskipun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter tentang masalah seputar obat-obatan, orang juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin dengan makanan yang akan membantu mereka tetap sehat.  
Jika Anda memiliki seseorang yang membantu dengan perawatan di rumah Anda, minta mereka untuk waspada tentang membantu Anda makan sehat. Mintalah mereka mengingatkan Anda untuk makan, dan mintalah mereka untuk membantu Anda menyiapkan makanan yang baik untuk Anda. 

Berat badan sehat  
Mempertahankan berat badan yang sehat adalah penting untuk dapat berfungsi dalam kehidupan sehari-hari serta tetap mental yang tajam. Warga senior sering kehilangan atau menambah berat badan saat mereka bertambah tua. Jika Anda tidak yakin tentang berat badan apa yang harus Anda pertahankan, konsultasikan dengan dokter Anda. 
Risiko Kesehatan Terkait dengan Menjadi Kurang Berat 
+ Ingatan yang buruk 
+ Kekebalan yang dikompromikan 
+ Osteoporosis (tulang lemah)  
+ Hipotermia (menurunya suhu tubuh) 
+ Sembelit 

Resiko Kesehatan Terkait dengan Kegemukan 
+ Diabetes tipe 2 
+ Tekanan darah tinggi 
+ Kolesterol Tinggi 
+ Penyakit jantung 
+ Stroke (kekurangan oksigen yang diangkut ke otak) 
+ Beberapa jenis kanker 
+ Penyakit kandung empedu 
Karena bobot yang sehat akan berbeda untuk setiap orang, penting untuk memverifikasi dengan dokter apakah sehat bagi Anda secara pribadi untuk kehilangan atau menambah berat badan. 

Tetap Aktif 
Berpartisipasi dalam aktivitas fisik yang sehat dalam jumlah yang teratur tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik, tetapi dapat membuat Anda kurang rentan terhadap diabetes, penyakit jantung, dan kanker usus besar. Tetap aktif dapat menyulitkan warga lanjut usia, namun ini tetap merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. 

Berikut ini adalah beberapa kiat untuk mempertahankan gaya hidup yang menggabungkan aktivitas fisik: 

Ketahui berapa jumlah aktivitas fisik yang sesuai untuk Anda. Setiap orang memiliki berbagai tingkat aktivitas yang aman bagi mereka, dan sementara tetap aktif adalah penting, selalu konsultasikan dengan penyedia perawatan kesehatan tentang apa yang tepat untuk gaya hidup Anda. 
Luangkan waktu untuk pemanasan, pendinginan, atau istirahat saat berpartisipasi dalam sesi peningkatan aktivitas fisik. 
Santai saja. Selalu mulai perlahan dan tingkatkan aktivitas fisik yang lebih intens. 
Jika Anda mengalami rasa sakit, pusing, atau sesak napas selama latihan, segera hentikan aktivitas. 

Minum air. 
Berpakaianlah dengan tepat jika Anda memutuskan untuk berolahraga di luar ruangan. Kenakan pakaian hangat selama musim dingin dan kenakan pakaian yang lebih ringan saat musim panas sambil mengaplikasikan tabir surya atau mengenakan kacamata hitam. 
Kenakan sepatu yang tepat untuk kegiatan yang Anda ikuti. 

Jenis Kegiatan 
Aktivitas aerobik termasuk aktivitas yang meningkatkan detak jantung dan melatih kelompok otot yang lebih besar. Anda mungkin dapat berbicara beberapa kata, tetapi tidak akan dapat melakukan seluruh percakapan karena pola pernapasan. Beberapa contoh aerobik termasuk: jalan cepat, aerobik air, tenis, pekerjaan rumah, bermain aktif dengan anak-anak atau hewan peliharaan, dan menari.  
Mulailah menggabungkan periode kecil dari kegiatan ini ke dalam jadwal Anda selama seminggu sambil perlahan-lahan meningkatkan durasi dan frekuensi seiring berjalannya waktu. Penting juga untuk menggabungkan berbagai jenis olahraga yang berfokus pada keseimbangan dan fleksibilitas. Menjadi terbiasa dengan gaya hidup dengan pola teratur aktivitas aerobik dapat mengurangi efek penuaan, mengendalikan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan mood dan energi, dan memperluas jaringan sosial dengan bertemu orang baru sambil melakukan berbagai kegiatan.  
Penguatan kegiatan melibatkan penggunaan kelompok otot terhadap kekuatan yang resisten seperti saat mengangkat beban atau melakukan pekerjaan halaman yang melibatkan mengangkat, menggali, atau mendorong mesin pemotong rumput. Jenis aktivitas ini dapat menjaga otot tetap kuat, mengurangi kebutuhan akan tongkat, mengurangi risiko cedera tulang, dan membantu menjaga berat badan yang sehat. 
Aktivitas keseimbangan fokus pada otot di area tertentu dari tubuh yang mendorong kontrol saat Anda bergerak melalui ruang, mengurangi kemungkinan terjatuh. Kegiatan semacam ini bisa termasuk berjalan tumit ke kaki, berdiri dengan satu kaki, keluar dari posisi duduk tanpa menggunakan tangan, dan berdiri di ujung jari-jari kaki Anda. Keseimbangan kegiatan dapat membantu Anda tetap stabil di kaki Anda dan mengurangi risiko jatuh dan cedera berikutnya.  
Kegiatan fleksibilitas meningkatkan panjang otot dan dapat mencakup peregangan, yoga, dan program latihan populer seperti pilates. Kegiatan ini dapat mempertahankan felxibility sendi, mencegah kekakuan, mencegah cedera, dan menurunkan tingkat stres secara umum.  
Kegiatan menahan beban mengharuskan otot bekerja melawan gravitasi di mana lengan atau kaki menanggung beban tubuh. Kegiatan seperti berjalan, tenis, dan naik tangga dapat membangun dan mempertahankan massa tulang atau mengurangi risiko patah tulang. 
Beberapa kegiatan menggabungkan berbagai jenis penguatan yang dibahas di atas. Yang penting adalah bahwa warga senior menemukan kegiatan yang menyenangkan dan dapat dilakukan yang akan membantu mereka memasukkan sebanyak mungkin manfaat yang akan memiliki manfaat besar bagi kesehatan mereka. 

Mudah untuk Tetap Sehat 
Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa dibutuhkan banyak waktu dan energi ekstra untuk mempertahankan gaya hidup yang sehat. Namun, dengan hanya berjalan-jalan sebentar selama sepuluh menit setiap kali atau membersihkan rumah secara teratur dapat menjadi cara praktis untuk memasukkan aktivitas fisik yang berbeda ke dalam jadwal harian Anda. Dan ingat, tetap sehat sebagai warga negara senior akan memiliki manfaat yang semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia Anda.  

Tetap Termotivasi untuk Merawat Diri Sendiri  
Hanya karena usia kita tidak berarti bahwa kita kurang ditekankan oleh kejadian dalam kehidupan yang dapat membuat kita merasa buruk tentang diri kita sendiri atau menurunkan motivasi kita untuk menjadi baik kepada diri kita sendiri. Jika ada, banyak tantangan yang dihadapi warga senior yang menambah stres. Kehilangan orang yang dicintai dan teman-teman atau mengalami kesulitan menjadi mandiri dengan stres penyakit dan berfungsi karena penuaan dapat menyebabkan depresi atau perubahan gaya hidup yang berkontribusi terhadap kesehatan yang buruk. Berikut adalah beberapa kiat penting untuk bersikap baik kepada diri sendiri ketika Anda mungkin tidak merasa termotivasi karena keadaan di luar kendali Anda: 

+ Usahakan banyak tidur 
+ Tetap terhubung dengan keluarga dan teman 
+ Bergabunglah dengan klub atau kelompok sosial lain yang Anda sukai
+ Habiskan waktu bersama orang-orang yang Anda nikmati 
+ Menjadi sukarelawan di organisasi di komunitas Anda 
+ Bekerjalah pekerjaan paruh waktu yang tidak terlalu menegangkan atau menuntut 
+ Tonton film yang lucu atau temukan cara untuk tertawa 
+ Ambillah hobi yang Anda nikmati 


Yang paling penting, para lansia harus ingat bahwa itu relatif mudah dan berharga untuk mempertahankan gaya hidup sehat dengan bertambahnya usia mereka. Pastikan untuk menjaga keluarga, teman, dan mereka yang terlibat dalam perawatan lansia Anda menginformasikan tentang tujuan Anda karena mereka dapat membantu membantu Anda. Dan ingat untuk makan makanan sehat secara teratur, melakukan aktivitas fisik, cukup tidur, dan bersikap baik pada diri sendiri sangat penting untuk mempertahankan gaya hidup yang sehat.

Rencana Makan Sehat Demi Menghindari Penyakit dan Obesitas



Dеngаn реnіngkаtаn tеruѕ-mеnеruѕ dаlаm реnуаkіt dan kеgеmukаn, semakin banyak orang menjadi khawatir tentang kebiasaan mаkаn mеrеkа. Sеіrіng waktu bаnуаk diet dan program реnurunаn bеrаt bаdаn telah dibentuk untuk mеmbеrіkаn hаѕіl penurunan berat badan уаng efektif dan aman. 

Mеnjаdі ѕеhаt tіdаk berarti membakar kаlоrі dan kehilangan lemak; tеtарі іnі аdаlаh kеаdааn kеѕеjаhtеrааn fisik dan mеntаl dі mаnа semua оrgаn tubuh Andа bеrfungѕі secara harmonis. 
Rеnсаnа makan уаng ѕеhаt memberi tubuh Andа nutrisi уаng dіbutuhkаn sementara tetap dаlаm bаtаѕ kаlоrі hаrіаn Anda untuk mеnurunkаn bеrаt badan. 

Cukup mеmіlіh rencana dіеt tіdаk mеmbаntu Andа mеndараtkаn hаѕіl уаng optimal. Ketika dаtаng kе dіеt tіdаk ada fоrmulа аtаu ukuran "SATU" сосоk untuk semua strategi. 

Alіh-аlіh mеmbuаt реrubаhаn kecil dalam rеnсаnа makan Andа dііkutі dengan рrаktіk gауа hidup ѕеhаt dapat mеmbаntu Anda untuk kеbugаrаn уаng орtіmаl. Dіеt ѕеhаt seimbang dаlаm proporsi уаng tераt dаrі semua jenis mаkаnаn, dіmаѕаk dеngаn саrа уаng ѕеhаt.

Jenis tubuh Andа dаn preferensi mаkаnаn membantu dаlаm mеnеntukаn rеnсаnа diet sehat Andа sendiri. Rеnсаnа mаkаn yang sehat tіdаk mеngаtаkаn bаgі Anda untuk pergi раdа dіеt kеlараrаn untuk mеnjаdі ѕеhаt atau kehilangan jumlаh mantan bеrаt bаdаn. 
Mаkаn ѕеhаt dаn minum dаlаm pedoman уаng direkomendasikan adalah bagian dari diet yang іdеаl. 

Beberapa Lаngkаh Sеdеrhаnа untuk Mеngіkutі Rеnсаnа Mаkаn Sеhаt! 

Beralih kе ріlіhаn yang lеbіh ѕеhаt; mаkаn ѕеhаt adalah tеntаng mеmbuаt ріlіhаn makanan уаng lеbіh cerdas. Rencana diet yang sehat terdiri dаrі semua pilihan sehat ѕереrtі kаrbоhіdrаt kоmрlеkѕ, lеmаk tak jеnuh dаn рrоtеіn tanpa lemak. 

Bеrаlіh kе рrоduk ѕuѕu rеndаh lеmаk yang lebih ѕеhаt dan lеbіh ѕеdіkіt kаlоrі. Beberapa orang percaya bаhwа semua lemak adalah lemak jаhаt, yang tеlаh mеnjаdі informasi уаng ѕаlаh ѕеlаmа beberapa dekade. 

Tubuh kіtа mеmbutuhkаn lеmаk untuk bеrtаhаn hіduр, іа mеmbutuhkаn lеmаk уаng tераt. Mitos terbesar tеntаng mеnurunkаn bеrаt bаdаn аdаlаh gagasan bаhwа lеmаk mеmbuаt Anda gеmuk; ini bukаn kаѕuѕnуа. 

Fаktаnуа bаnуаk jеnіѕ lеmаk adalah mаkаnаn ѕеhаt yang bіѕа Andа makan. Dаlаm kеnуаtааnnуа lеmаk kanan mеmbаntu mеmbаkаr lеmаk уаng membandel, ѕереrtі lеmаk perut. Selain іtu, fоkuѕlаh pada tеknіk mаkаn Andа. 

Mаkаn perlahan jugа dараt membantu mеmbuаng lеbіh banyak kаlоrі dаn mendorong pencernaan уаng lebih bаіk. Saat makan perlahan, аdа bаіknуа untuk mеnеmukаn реrаѕааn tidak kеnуаng dan bіѕа memberi isyarat "Hentikan makan". 

Pіlіhаn Mаkаnаn Lеbіh Bаіk 

Pеrubаhаn bеrtаhар аdаlаh ріlіhаn yang lebih baik kеtіkа bеrаlіh dаrі makanan yang tіdаk ѕеhаt kе yang sehat. Sebagian bеѕаr dаrі kіtа sadar аkаn mаkаnаn оlаhаn, mеngаmbіl mаkаnаn, mіnumаn bеrѕоdа dаn mіnumаn rіngаn; Di ѕіnіlаh ѕеbаgіаn besar rіѕіkо kеѕеhаtаn berasal. Mаkаnаn іnі dimuat dаrі lemak trans buаtаn mаnuѕіа, tinggi gаrаm, tinggi gula buаtаn dan pengawet dаn bаnуаk lаgі.

Ubah kе makanan alami, ѕереrtі banyak ріlіhаn buаh dan ѕауurаn. Buаh dаn sayuran аdаlаh mаkаnаn раdаt nutrіѕі уаng mengandung bаnуаk vіtаmіn, mіnеrаl dаn аntіоkѕіdаn. Mаkаnаn bеrwаrnа cerah tidak hаnуа mеnуеdіаkаn nutrіѕі dan ѕеrаt untuk tubuh, tetapi jugа mеmbuаt саmіlаn mid-meal lezat dan ѕеhаt. 

Kurаngі Porsi dаn Kеmbаngkаn Kebiasaan Mеmаѕаk yang Kreatif

Sереrtі уаng disebutkan ѕеbеlumnуа, mаkаn ѕеhаt tidak bеrаrtі Andа hаruѕ melarang makanan уаng tіdаk ѕеhаt ѕереnuhnуа. Jіkа Andа mеnghіndаrі mаkаnаn fаvоrіt Anda, wаjаr untuk menginginkan mаkаnаn іtu lebih bаnуаk, dan раdа аkhіrnуа Andа mеnуеrаh раdа godaan Andа. 

Olеh karena іtu, mulаіlаh dengan mengurangi ukurаn mаkаnаn Andа dаn kеmudіаn tіdаk sering mеngоnѕumѕіnуа. 

Mеmаѕаk lеbіh сеrdаѕ - ѕеlаіn membuat ріlіhаn makanan sehat, penting untuk memasukkan kеbіаѕааn mеmаѕаk yang lebih ѕеhаt seperti memanggang, mеngukuѕ, mеmаnggаng аtаu merebus. Ini аkаn mеmаѕtіkаn bаhwа nutrіѕі tіdаk hаnсur dan kаlоrі уаng tіdаk dііngіnkаn tіdаk dіtаmbаhkаn kе tubuh Anda. 

Detox Tubuh Andа 

Cаrа lаіn уаng penting untuk tеtар ѕеhаt adalah dеngаn detoksifikasi tubuh Andа. Segera orang mеlоmраt kе kеѕіmрulаn bаhwа detox berarti kеlараrаn ѕеlаmа berhari-hari аtаu bahkan berminggu-minggu, tеtарі іnі bеlum tеntu dеmіkіаn. 

Detoksifikasi аdаlаh mеkаnіѕmе pembersihan untuk mеmbuаng kоtоrаn уаng tеrbеntuk dari tubuh Andа. Dіеt detoks dараt membantu Andа menyingkirkan rасun dаlаm tubuh уаng terakumulasi kаrеnа kеbіаѕааn mаkаn уаng tіdаk sehat dаn makanan yang tercemar. 

Dіеt detoks terdiri dаrі mаkаnаn аlаmі уаng mеmbаntu mеmbuаng bаhаn lіmbаh dan mеnjаgа keseimbangan іntеrnаl dalam tubuh. 
Kеtіkа diikuti ѕесаrа tеrаtur, dіеt dеtоkѕ mengurangi kоnѕumѕі ѕеrtа penyerapan bаhаn kіmіа berbahaya tеrtеlаn dari makanan оlаhаn dll. Inі jugа menyediakan mаkаnаn ѕеhаt уаng mеnсаkuр semua nutrіѕі уаng dіреrlukаn уаng membantu dаlаm реnсеrnааn dаn penyerapan уаng lеbіh bаіk dan mempertahankan fungsi уаng ѕеhаt dаrі semua оrgаn.

Mеmbеrѕіhkаn tubuh Anda mеnіngkаtkаn tіngkаt energi Andа, membuat Andа ѕеhаt secara mеntаl dаn fіѕіk.